TUGAS KULIAH UMUM (CLAP)

Oleh : Ibu Ratih Wiweka

Clap merupakan aplikasi yang ditujukan untuk para pelaku UMKM, terutama yang bergerak dalam bidang fashion yang sebelumnya belum bisa mengelola para pelanggannya dengan baik. Dalam hal ini mengelola pelanggan sangat penting karena sekarang ini telah banyak kompetior.

Merchant :

Kesulitan mengelola data pelanggan, dan sangat sulit  mengetahui customer yang loyal dengan profilnya.

End User :

  1. kesulitan mendapatkan informasi dari merchant favorit mereka.
  2. penawaran yang tidak sesuai kebutuhan
  3. tidak dapat mengklasifikasi pelanggan yang loyal

Cara kerja aplikasi CLAP :

Kita diarahkan untuk mengisi data diri secara lengkap. Dalam hal ini clap telah memberikan solusi kepada merchant dengan memberikan informasi data pelanggan yang lengkap secara valid. Serta dengan adanya promo pelanggan pun akan diberikan informasi tentang adanya promo yang berlangsung saat itu

Solution :

  1. Messaging
  2. Profiling
  3. Relevant Offrering

Ketiga solusi diatas diberikan oleh CLAP baik kepada merchant maupun kepada end users. Data yang diberikan pun sudah di klasifikasi sehingga merchant dapat mengoptimalkan data yang ada untuk meningkatkan penjualan mereka.

Strategi Bisnis CLAP :

  1. Operational excellence
  2. New products, services, and business model
  3. Customers and supplier intimacy
  4. Improve decison making
  5. Competitive advantage
  6. Survival

4 generic strategiess for dealing with competitor :

  1. Low cost leadership
  2. Product differentiation
  3. Focus on market
  4. Strengthen custom and sup intimacy

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *